Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Perhatikan Tips Bayi Saat Akan Melakukan Pijatan
05-20-2017, 12:57 PM
Post: #1
Perhatikan Tips Bayi Saat Akan Melakukan Pijatan
Ada beberapa tips bayi yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah memberikan pijatan. Pijatan hangat yang berasal dari tangan Anda sebenarnya bisa memberikan begitu banyak manfaat untuk si kecil. Namun, sebelum melakukan pijat ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar pijatan tidak akan menyakiti tubuhnya yang mungil. Memijat bayi harus dilakukan dengan kelembutan. Saat memijatnya Anda bisa mengajak bicara atau bernyanyi sehingga si kecil akan menikmati masa-masa bersama Anda.

Pijatan demi pijatan yang Anda beri bukan hanya mendekatkan ikatan antara Anda dan anak. Ada beberapa manfaat lain dari pijatan yang bisa Anda rasakan seperti:

1. Membantu ia tertidur dengan pulas,
2. Bisa membuat ia menjadi lebih rileks, bahkan secara tidak sadar efek ini juga bisa Anda rasakan,
3. Ia menjadi jarang menangis,
4. Mengurangi rasa sakit gigi ketika giginya tumbuh,
5. Meningkatkan sirkulasi darah,
6. Bisa mempercepat kenaikan berat badannya.

Jika ingin memijat bayi, ada beberapa perangkat yang harus Anda siapkan seperti tatakan sebagai alas bayi, minyak menggosok, pakaian bersih serta popok. Untuk memijat tungkai, Anda bisa memberi pijatan di tungkai atau pangkal paha hingga ke bagian bawah, area ini dianggap sebagai area yang sensitif, sehingga bisa Anda gunakan untuk memulai pijatan. Tuang minyak ke telapak tangan Anda dan gosokkan hingga terasa hangat berada di tangan. Setelah itu pijat secara lembut bagian paha di arah bawah serta turun di area betis. Sesudah itu, Anda dapat mulai memijat bagian punggung kaki dengan gerakan seperti memutar. Anda bisa memberi sedikit usapan ketika memijat pergelangan kaki hingga ke jari kaki.

Bagian kedua adalah lengan. Setelah memijat tungkai, Anda bisa beralih bagian lengan. Pijatan dari lengan bagian atas hingga ke pergelangan tangan. Setelah sampai di pergelangan tangan, putar bagian ini dalam beberapa kali dan pijat telapak tangannya dengan menggunakan ibu jari. Akhiri sesi ini dengan pemijatan lembut jari-jarinya.

Terakhir, untuk bagian punggung, tips bayi saat pemijatan bagian punggung Anda bisa memposisikannya dengan keadaan tengkurap dan pijat area tulang belakang leher sampai bokong menggunakan ujung jari. Akhiri pemijatan ini dengan pijatan yang panjang dari bahu hingga ke bagian kaki, sesudah itu Anda dapat memakaikan popok dan baju. Anda bisa mengikuti kelas khusus untuk pijat bayi sehingga bisa memberi pijatan yang bermanfaat untuknya lebih jauh. Waktu yang paling baik untuk melakukan pijatan lembut ini adalah saat sedang terjaga tetap dalam kondisi yang tenang. Pastikan bayi tidak sedang kondisi lapar atau terlalu kenyang ketika memberinya pijatan. Jangan memijatnya saat ia tidur siang, Anda bisa memberikan pijatan sebelum ia tidur di malam hari.
Sumber: https://bayionline.net
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)